Jogja yang ketinggalan di kantong (Part 1)

Udah lama banget, ga nulis haha-hihi gini. Mungkin sekitar 2 tahun, ya? entahlah, kebanyakan orang merasa terlalu sibuk untuk bercerita. Atau merasa banyak kerjaan yang lebih berguna daripada menulis sebuah penghiburan. Termasuk aku, 2 tahun ini. Sekarang, aku pengen pulang. Pulang ke pembacaku, atau pulang ke ingatanku sebelum aku sapu satu satu.

Jogja adalah destinasi idamanku 3 tahun terakhir tanpa alasan yang jelas. Tentu ada cerita yang ingin kususuri disana, tapi alasan itu belum cukup kuat mendorongku untuk ‘datang sendirian’ ke Jogja. Keinginan itu terkabul saat mentorku (yang notabene orang jogja) mengumumkan tanggal pernikahannya. 29 Desember 2018. Di Jogja. Percaya atau ngga, sejak tahun 2016 gue memfungsikan kotak jam tangan sebagai kotak uang, tulisannya, “Tabungan buat ke Jogja”

Persis kek anak anak SMA gt yang ngimpi pengen ke jerman (padahal gatau disana mau ngapain) trs pake botol aqua gt ditulis “tabungan buat ke jerman:)” trs ngajakin gebetannya atau ‘sahabat’ nya gt buat sama-sama nabung. eww.

Oke lanjut ya. Gue berangkat ber6. Mereka semua kelompok mentoring gue di kampus. Lu tau kan, kalo kita mau jalan-jalan jauh, kita pasti cenderug ‘memilih’ dengan siapa kita akan pergi. Sebab kalo jalan jauh sama banyak orang, kita harus melegakan ruang hati untuk kompromi, nyiapin tabung kesabaran. Gue belum pernah bepergian sama mereka semua. Gapapa kalo kalian ga kenal tapi mereka adalah Ami, Munsof, Rifa, Hilwa dan Roha. H-3 minggu aja kita udah bikin Itinerary. Gile, gue gapernah kaya gitu sebelumnya. Karena gue lebih suka jalan kemana-mana sendiri, kalo dateng ke suatu tempat, gue lebih suka jalan kemana angin membawa gue pergi. Dadakan, sesuka hati, lebih menikmati jalannya daripada ujung destinasi. Tapi kali ini, okelah, kita masuk dalam mode turis. Selama itu bukan gue yang handle. Hehe.

Dari sekian peran seperti bendahara, pj jalan-jalan, pj konsumsi dll, gue dengan terhormat dan sangat kasihan terpilih jadi Pj-happy-happy-gaboleh-bete. Tugasnya adalah ngebriefing anak-anak tiap mau pergi, bilang, “Oke jadi ini kita mau jalan-jalan ya, gaboleh ada yang bete ya. Pokonya kalo panas hujan macet dinikmati aja yaaa namanya kan jalan jalan”. Tugas satu lagi adalah pesen Grab.

Well, sebenernya, hal ini sering dicontohin sama mama tiap kali kita mau pergi bareng keluarga. Mama selalu bilang, “Nanti pokoknya kalo dijalan macet, panas atau apa nikmatin aja ya gaboleh ada yang rewel, harus bersyukur ya, kita mau jalan-jalan looh”, Karena mama tau, kalo anak-anaknya udah bete dan rewel, ayah pasti marah dan ngga mood. Secara untuk meluangkan satu hari buat jalan-jalan, pasti ayah udah cancel banyak agenda, dan hari libur ayah sempiiiit banget. Jadilah hal itu juga sering gue katakan ke temen-temen gue tiap mau kemana mana, biar saling ngerti. Ada yang gini juga?

Kita berangkat ke Stasiun Kiara Condong jam 5 pagi dari rumah Rifa. Karena Rifa lah satu-satunya yang berdomisili di Bandung. Bisa dibilang, inilah kali pertama gue pergi pake kereta ‘tanpa pengawasan orang tua’ wkwk you know. Cupu kan.

Yaa biasalah di jalan kita makan, ngobrol, dan main sama kayak penumpang kebanyakan. Tempat duduk kita terbagi 3, tapi masih deket. Sepanjang jalan, gue sebagai pj happy-happy merasa khawatir, sebab Ami ngga mengeluarkan sepatah kata pun selama di perjalanan. Kami pun beda kursi. Makan gak mau, padahal dia yang dari sebelum subuh masak nasi dan goreng ayam buat bekel kita semua. Dia cuma nyender aja main hape. Gue bingung juga kalo kaya gini. Sebab pendekatan person-to-person gue tuh payah banget, seperti : gue gatau harus respon gimana kalo ada orang nangis di hadapan gue. Gue simpati, tapi gatau harus gimana helppp. Tapi selama kita udah nawarin makan, dll dan dianya nolak, gue nganggep itu udah pilihan dia, jadi, insyaAllah ga apa apa hehehe.

Perjalanannya udah lumayan jauh. Udah sampe Kroya, dan disitu kereta berhenti lamaaaa banget. Setengah jam ada kali. Pas berangkat dari Kroya, gue pengen pipis. Ya, hal ini harusnya bisa diatasi dengan baik sebab di gerbong ada toilet. Tapi for sure gue gapernah ke toilet kereta sama sekali. Hehe. Dan karena tempat duduk gue deket sama sambungan gerbong, gue bisa denger tiap ada orang yang mau masuk toilet itu, ada yang bilang, “Gak ada air”

Wah gimana ini.

Perjalanan lumayan lama sampe akhirnya sampe di stasiun Gombong. Disana juga berhenti lama. Gue bilang sama Munsof (ucok),

“Co, aku turun aja kali ya”

“Jangan, sabar-sabar, bentar lagi kok”

Gue menurut. Duuh tapi gimana ini:( gue menunggu kereta nyampe di stasiun besar selanjutnya. Kutoarjo. Nunggu, nunggu, nunggu. Pas nyampe, tanpa ba bi bu gue langsung turun dari kereta saat itu juga.

iya.

sabar-sabar, ngatainnya nanti dulu gue belum beres cerita.

Gue langsung lari ke toilet Kutoarjo. Sesekali gue liat ke belakang, ternyata penumpang yang naik di Kutoarjo itu banyak. Gue merasa lega. Terus langsung ke toilet, lalu keluar lagi menju peron.

Oke gue jalan ke peron

Oke

Oke….kereta gue gaada…

Hatiku mencelos.

Butuh 2 detik bagi gue untuk sadar bahwa kereta gue udah jalan duluan… meninggalkan gue sendirian di Kutoarjo. Tarik nafas….. fyuh. Oke fin, sekarang adalah saatnya pura-pura tidak panik. Jangan panik, jangan panik, gue samperin petugas,

“Pak, Pasundan Tambahan menuju Gubeng tadi udah jalan ya?” gue ngomong gini tereak tereak. Panik juga.

“Oh, gak tau, Mbak. Coba ke PKA”

Gue jalan ke PKA. Gue ketok-ketok kacanya. Dia buka pintu dan gue menanyakan hal yang sama. Di samping gue ada bapak-bapak dengan kalem nanya, “Kenapa? kereta mu wes berangkat ya?” seolah-olah dia udah tau kalo anak ini turun dengan  bodohnya. Di Kutoarjo, sebelum dijawab, gue dimarahin dulu. Sama semuuuuuua orang yang gue tanyain. Entah pertanyaannya bisa nyusul pake apa, apa bisa menghubungi ini dan itu, selalu dimarahin dulu. Iya tau gue bodoh tadi tapi plis saya butuh informasi, marah-marahnya nanti aja di medsos.

Akhirnya gue duduk, istighfar berkali kali. Gue bawa tas kecil, gue buka isinya. Gue cari-cari hp. Cari.. cari.. cari.. oh iya, hp gue di cas di kereta. Ya Allah gimana ini. Saya ke Jogja mau kondangan ya Allah ngga mau macam-macem:(

Akhirnya, gue pasrah dan mulai berpikir dengan jernih dan lebih tenang. Gue nanya ke bagian apapun di stasiun gimana caranya jalan ke lempuyangan dalam tempo sesingkat-singkatnya sebab tiket gue hangus. Gue disuruh beli tiket lagi, akhirnya gue keluar, ngambil nomor antrian, dan nuggu ampe dipanggil. Temen-temen gue akan sampe di lempuyangan jam 15.30, sedangkan ini udah jam 3 berarti mereka sebentar lagi sampe dan gue tak kunjung dipanggil ke loket.

Udah sampe loket, gue nanya sama petugasnya,

“Lempuyangan paling cepet jam berapa ya, Mbak?”

“Mmmmm setengah 7”

duh

“Ada lagi yang jam 7, pake Prameks (KA Lokal)”

“Saya ambil yang paling cepet aja deh mbak”

“Tapi kalo pake kereta reguler ongkosnya 98 ribu”

“Kalo Prameks?”

“8 ribu”

what. apa apaan ini apakah aku sedang dipermainkan.

“Kalo mau pake Prameks, tuh loketnya disana, Mbak, timur. Beda loket”

Setelah bilang terimakasih yang kayanya juga ngga kedengeran sama Mbaknya sebab gue udah ngacir ke loket Prameks, dengan napas yang tersisa, gue pergi ke tempat loket antrian Prameks. Pas gue mau pencet tombol, ditanya sama mas-masnya,

“Mau ngapain, Mbak?”

“Mau ambil nomor antrian, Mas”

“Oh, sudah habis, Mbak”

Gue pengen nangis sambil nyanyi Hmmmmm mmmm mmmm nisa sabyan 10 jam.

Akhirnya dengan lunglai, gue curhat lah ke mas mas ini.

“Gini mas, saya ketingalan kereta reguler barusan, tujuan saya ke lempuyangan, kira-kira gimana ya, saya harus ngapain?”

“Oooooh Lempuyangan?” kata Mas-mas 3 orang ini begitu bersemangat. “Langsung aja ke Loket 1, bilang mau ke Lempuyangan. Langsung aja, Mbak”

“Tapi saya ngga punya nomor antrian..”

“Ndak apa apa, ndak apa apa Mbak, silakan langsung ke Loketnya aja”

akhirnya gue jalan ke Loket,

“Mbak, Lempuyangan paling cepet jam berapa ya?”

“Jam 15.50” Gue langsung melek. Hah?! tadi kata si Mbak loket sebelumnya paling cepet jam 7? apakah aku ditipu kura-kura?

Gue langsung beli dan ngacir ke tempat si Prameks nangkring. Langsung masuk. Alhamdulillah dapet tempat duduk. Tapi begitu gue duduk, gue tiba-tiba tidak mengenali seisi dunia ini, sebab,

satu kereta ngomong bahasa Jawa semua…

Gue akui secara pasif gue bisa mengerti apa yang orang-orang ini bilang, tapi untuk jawab? boro-boro. Oiya selama tadi gue di stasiun, gue udah berupaya pinjam hp petugas, untuk menghubungi hp gue di kereta, atau numpang Log In instagram biar bisa kirim DM ke salah satu temen gue. Tapi selalu aja gabisa. Entah gaada pulsa, gaada kuota. Pada akhirnya gue merem lama banget, gue cuma berharap, temen-temen gue inget kalo gue masih punya otak untuk berpikir.

Gak berapa lama, ada seorang ibu yang duduk di sebelah gue, umurnya sekitar 50an. Dia nanya gue darimana mau kemana. Akhirnya gue ceritain tuh palan-pelan. Alhamdulillah, ibunya hepi denger cerita gue wkwk. Ketawa sampe nepuk-nepuk gue yang nyengir nyumbang. Gak berapa lama, kedengeran suara ketawa dari gerombolan ibu-ibu yang lagi pada duduk. Mereka lagi ngobrol godain anak kuliahan yang bawa case biola di punggungnya. Yang lain ikutan nyaut sampe akhirnya satu gerbong ikutan ngobrol. Dan ya, bisa ditebak, selanjutnya gue menikmati kehadiran gue di gerbong ini, di kereta ini, ketertinggalan gue ini. Gue menghayati dan ikut ketawa sekali-sekali denger candaan mereka. Sambil bergiliran satu-satu ngasih tempat duduk ke orang yang lebih membutuhkan, sambil terus pada ketawa, pada senyum. Norak ya gue.

Tapi hal ini tidak pernah gue temukan di KA Lokal Bandung. Juga tidak di KRL Jabodetabek.

Tadinya tiap stasiun berhenti, gue gatau ini stasiun apa, dan lempuyangan di sebelah mana. Saking gaada pemberitahuan atau ‘saking lokalnya’ kereta ini. Cuma setelah ikutan senyum-senyum dan pada akhirnya satu gerbong tau kalau gue adalah Orang-Bandung-yang-ketinggalan, mereka juga jadi simpati sama gue. Ngasih tau ini udah sampe stasiun apa. Gue jadi lupa rasa panik, meskipun akhirnya demi formalitas, ya gue berusaha untuk panik.

Masa temen-temen gue panik guenya engga? Gaenak dong. Hehe

Dan ketika kereta sudah mulai memasuki kota Jogja, gue berdiri. Gue ngeliatin tepi jalan sendirian. Ini loh, jalanan yang gue pengeen banget jalan disitu entah kenapa. Gue udah sampe ke kota ini, dengan cara yang begini pula.

Memasuki Lempuyangan, gue menatap jendela pintu. Menunggu untuk menemukan muka pias temen-temen gue. Ah, Itu dia mereka. Ya biasalah gue turun terus direkam terus cerita heboh bentar terus orang-orang ketawa dan histeris. Sedangkan gue udah terlalu lunglai buat cerita berulang ulang.

Tapi ada hikmahnya! Hikmahnya, setelah gue hilang kabarnya Ami mau ngomong dan mau gabung sama temen-temen. Tapi Ya Allah, kenapa aku yang harus jadi tumbalnya?

Apakah karena aku yang jadi Pj happy-happy?

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar